Festival Film Dokumenter

Festival Film Dokumenter. Seiring dengan pencanangan Tahun Kunjungan Museum 2010 sebagai momentum awal untuk memulai Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) yang akan dilaksanakan selama tahun (2010 -2014). Salah satu kegiatan yang mendukung program Tahun Kunjungan Festival Museum Nusantara tersebut adalah dengan di adakannya Lomba Film Dokumenter dengan tema Museum untuk pelajar SMA dan Mahasiswa

Kegiatan yang dinamakan KFN Docufest akan di selenggarakan pada Bulan Januari – Mei 2010 yang di pusatkan di Taman Mini Indonesia. Diharapkan dari sana akan muncul film-film dokumenter yang dibuat generasi muda dengan tujuan untuk lebih mengenalkan keragaman budaya dan sejarah bangsanya melalui museum. Dan yang terpenting dapat mengarahkan persepsi masyarakat umumnya, anak muda khususnya pada eksistensi museum untuk senantiasa dekat di hati dan memberikan gambaran dinamika kehidupan baru museum yang akan datang.

KOMPETISI SKALA NASIONAL

PESERTA KFN – DocuFest 2010 di pusatkan di 15 (lima belas) kota besar, yaitu:

1. JAKARTA
2. BANDUNG
3. YOGYAKARTA
4. SURABAYA
5. SEMARANG
6. BALI
7. MAKASAR
8. BANJARMASIN
9. PONTIANAK
10. MEDAN
11. PADANG
12. PALEMBANG
13. MANADO
14. AMBON
15. PAPUA

Adapun kriteria para paserta yang bisa mengikuti festival ini adalah:

* Film peserta kompetisi harus film dokumenter (panitia memiliki hak untuk mengkualifikasikan apakah film peserta termasuk film dokumenter atau tidak).
* Para peserta akan mendapat workshop selama dua hari yang dilanjutkan dengan memproduksi film dalam kurun waktu 1 (satu) bulan dari tanggal 5 Maret s/d 5 April 2010.
* Thema Museum bisa yang berhubungan dengan : Sejarah Museum, Serba serbi Museum, Materi yang ada di Museum.
* Film utuh tanpa disertai potongan jeda untuk iklan (blank spots for commercial break).
* Materi film (objek, musik, stock shoot, dan lain-lain) tidak melanggar hak cipta. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap karya yang diikutkan dalam kompetisi ada di luar tanggung jawab Panitia.
* Durasi film maksimal 10 (sepuluh) menit, termasuk credit title.
* Hak Cipta tetap dimiliki oleh Peserta.
* Panitia berhak mempergunakan materi yang diikutsertakan dalam kompetisi untuk kegiatan KFN-DocuFest.
* Karya diterima Panitia paling lambat 6 PRIL 2010

Materi Film Docufest

Karya peserta selambat-lambatnya diterima oleh panitia masing-masing daerah pada tanggal 7 April 2010. Dengan ketentuan materi sbb:

1. Preview Copy dalam bentuk DVD Video Pal atau MiniDV Pal (Materi film yang akan digunakan saat seleksi administrasi)
2. Screening Copy dalam bentuk DVD Video Pal atau MiniDV Pal (Master Quality).( Materi film yang akan diproyeksikan ke layar lebar untuk keperluan penjurian dan pemutaran saat festival)
3. Foto potongan adegan film/Still photo berbentuk file elektronik/digital dengan ukuran resolusi 300dpi format jpeg dalam CD terpisah (digunakan saat seleksi administrasi dan keperluan cetak katalog).
4. Desain Poster film berbentuk file elektronik/digital dengan ukuran 300dpi format. psd/Tiff dalam CD terpisah ( di gunakan untuk pameran poster film)
5. Sinopsis film dalam bahasa Indonesia (maksimal 500 karakter atau ½ halaman kuarto).

KRITERIA PESERTA

1. Festival ini dibuka bagi pelajar SMU dan Mahasiswa seluruh Nusantara.
2. Pendaftaran GRATIS yang dibuka mulai tanggal 8 Januari – 8 Februari 2010
3. Formulir pendaftaran bisa diunduh di www.kedaifilmnusantara.com atau dapat di peroleh di tempat – tempat yang sudah di tentukan.
4. Peserta adalah kelompok beranggotakan 3 – 5 orang yang menjabat sebagai : Sutradara, Penulis skenario, Kameraman, Editor dan Penata Musik.
5. Para peserta wajib melampirkan fotokopi Kartu Pelajar dan atau surat keterangan dari sekolah masing-masing.

PENJURIAN

1. Penseleksian Film dan Penjurian merupakan kegiatan untuk menseleksi karya yang masuk dan juga konsep yang di kirimkan peserta untuk mendapat subsidi dari KFN-DocuFest. Komite seleksi yang terdiri dari praktisi film dan Pakar Museum.
2. Penjurian merupakan kegiatan yang menilai dan menentukan pemenang KFN Docufest Award. Adapun proses penyeleksian dan penjurian akan di dilakukan di KFN Muspen TMII, Jakarta. oleh Dewan Juri yang terdiri dari Praktisi film, Pengamat Film, Sosiolog dan Pakar Museum (Arkeolog)
3. Film yang dikirimkan para sineas akan diseleksi oleh Komite seleksi untuk memilih 15 nominator di masing – masing kategori.

NOMINASI

1. Karya nominator kemudian kan mengikuti penjurian tahap berikutnya di Jakarta pada tanggal 10 s/d 15 Mei 2010.
2. Para sineas yang karyanya masuk menjadi nominasi akan diundang untuk mengikuti acara penjurian yang meliputi Presentasi karya dari para sineas, pemutaran film, diskusi dan workshop

MALAM ANUGERAH

Apresiasi atas karya para sineas dilaksanakan pada acara Malam Anugerah KFN-Docufest Award di TEATER TANAH AIRKU, TMII pada tanggal 16 Mei 2010.

PENGHARGAAN

KFN Docufest 2010 Award untuk :

1. Film Terbaik
2. Sutradara Terbaik
3. Penulis Skenario Terbaik
4. Kameramen Terbaik
5. Editor Terbaik
6. Penata Musik Terbaik.

Museum Award untuk :

1. Film Museum Terbaik

FORM PENDAFTARAN

Formulir Pendaftaran dapat diperoleh di KEDAI FILM NUSANTARA