Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula

Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula _ Eits, jangan salah sangka ketika saya menulis Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula ini, bukan berarti saya adalah blogger senior yang sudah malang melintang di dunia blogger. Jika anda berpikir seperti itu, berarti anda salah. Saya juga seorang blogger pemula, nah sebagai sesama blogger pemula, mungkin ada baiknya saya berbagi sedikit tips ngeblog untuk anda yang baru belajar ngeblog seperti saya. Bagi para senior di dunia blog, mohon menambahkan/mengkoreksi tips saya ini dikolom komentar.
Tips Ngeblog

1. Mulai dengan membaca
Ada yang mengatakan, sebelum belajar menulis maka belajarlah membaca. Dunia blog adalah dunia menulis (baca:mengetik). Sebelum anda mulai menulis di blog anda, ada baiknya anda melihat dulu beberapa blog lain atau blog teman anda. Mungkin bisa dijadikan inspirasi untuk tulisan anda nanti, mungkin dari segi gaya menulis, design blog dan berbagai hal lainnya. Dari sana biasanya anda akan mendapat banyak ide untuk blog anda nantinya.

2. Memilih mesin blog
Dari langkah diatas, anda juga bisa mengetahui mesin blog apa yang sebaiknya anda gunakan. Bisa saja wordpress, blogspot dan berbagai blog engine lainnya yang tersebar di internet. Jika anda bertanya kepada saya, tentu saja saya sarankan anda menggunakan Wordpress, hehehe.

3. Mulai posting
Setelah anda membuat blog, maka mulailah menulis di blog anda. Anda mungkin bingung mau menulis apa untuk pertama kalinya, banyak blogger pemula mengalami kebingungan yang sama dengan anda dan saya. Ide tulisan mungkin bisa dimulai dari tentang diri anda sendiri, mengapa anda membuat blog, siapa yang memperkenalkan blog kepada anda. Atau bisa juga tentang hal-hal yang anda sukai, misalnya anda suka musik, maka tulislah tentang musik. Anda penggemar Kuburan Band? Maka tulislah tentang itu.

4. Memilih bahasa
Bahasa mungkin suatu hal sepele namun sangatlah penting untuk ditentukan. Saya sarankan menggunakan bahasa nasional (misal bahasa Indonesia) atau bahkan kalau bisa bahasa inggris bagi anda yang mampu. Bukan bermaksud bagaimana, namun bahasa daerah sangat tidak disarankan karena hal itu akan mempersempit jangkauan pembaca blog anda yaitu hanya untuk orang yang mengerti bahasa tersebut. Intinya, semakin banyak yang mengerti bahasa di blog anda, maka itu semakin bagus, begitu juga sebaliknya.

5. Tata bahasa
Misalnya anda menggunakan bahasa Indonesia, maka sangat saya sarankan menggunakan tata bahasa yang baik. Jangan menulis di blog seperti menulis SMS yang biasanya dipenuhi singkatan yang hanya dimengerti oleh orang-orang tertentu. Tulislah kata-kata yang dimengerti oleh banyak orang (pembaca). Selain itu, menurut sedikit pengalaman saya penulisan kata yang benar juga berpengaruh pada SEO. Apa itu SEO? Jangan tanya saya, hehehe.

6. Tentukan tujuan ngeblog
Sangat jarang blogger yang bisa menentukan tujuan ngeblognya ketika dia baru mulai belajar ngeblog. Kebanyakan blogger pemula bertujuan untuk sekedar having fun, sekedar ingin tahu atau hanya bahkan ikut-ikutan teman untuk ngeblog, contohnya saya ini, hahahaha. Namun tidak sedikit blogger tersebut menjadi semakin lama semakin mengerti tujuan dia ngeblog. Misalnya untuk earning berupa uang, hanya untuk catatan pribadi, dan masih banyak tujuan lainnya.

7. Mulai sedikit belajar SEO
Semakin lama tidak ada salahnya kita belajar SEO. Nah kembali saya menyebut kata ini. Intinya bagaimana kita mengoptimalkan blog kita agar semakin terkenal. Siapa tahu suatu saat anda bisa menjadi salah seorang blog seleb, itupun jika anda memang bertujuan menjadi blog seleb, hehehe.

Selamat mencoba "Tips Ngeblog Untuk Blogger Pemula", buat para master blog, mohon pencerahannya.