Tips Membeli Komputer

Tips Membeli Komputer - Bagi Anda yang masih awam di bidang komputer dan sebagainya, jika ingin membeli sebuah perangkat komputer sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Maksudnya, Anda bermaksud membeli komputer untuk apa? Anda tentu tidak ingin buang-buang DUIT tetapi hasilnya tidak sesuai dengan rencana anda kan?? Atau yang lebih parah lagi begini, Anda beli komputer dengan harga yang selangit tapi Anda sendiri tidak tau bagaimana mengoperasikan komputer (atau malah jangan-jangan tidak tahu apa fungsi komputer itu). Jadi kalau hanya untuk GAYA, kayaknya komputer nggak masuk dehh…mending "nongkrong aja ke MALL sana..!!"
Tips Membeli Komputer

Tips memilih Komputer :

1. Komputer untuk Perkantoran

Anda tentu tahu kan kalau di perkantoran itu (biasanya) komputer hanya digunakan untuk keperluan Entry Data dan sebagainya. Dan aplikasi yang digunakan juga tidak terlalu membutuhkan Hardware Komputer yang tinggi. Jadi sangat efektif jika kita membeli komputer dengan spesifikasi Pentium-4, RAM 512 MB, Harddisk 40 GB, DVDRW dan komponen lain standart.

2. Komputer untuk Desain

Dalam hal ini, kemampuan Visual sangat diutamakan. Maksudnya, komputer yang dipakai untuk pekerjaan Desain harus mempunyai kemampuan Hardware yang bisa menampilkan visual yang lebih baik dari komputer untuk aplikasi perkantoran. Biasanya ditambahkan VGA Card tambahan untuk memenuhi hal tersebut. Selain itu, monitor juga menjadi pertimbangan karena monitor berperan untuk menampilkan hasil dari pekerjaan Desain tersebut. Biasanya mereka lebih memilih monitor 4:3 (dan tentunya dengan ukuran yang besar).

3. Komputer untuk Game

Tidak hanya kemampuan Visual yang harus diperhatikan untuk komputer Gamer. Hampir seluruh Hardware berpengaruh pada performanya. Mulai dari Processor, RAM, VGA, Sound Card, Harddisk dan bahkan Power Supply harus kita pilih sesuai dengan spesifikasi yang kita rancang demi performa Gaming nantinya. Untuk pilihan Display (atau monitor) mereka biasanya lebih memilih LCD 9:16 (wide screen). Baik game atau multimedia LCD dengan ukuran tersebut sangat cocok.

4. Komputer untuk Warnet

Kadang orang beranggapan kalau performa saat kita “internetan” itu tergantung pada (spesifikasi) komputer yang kita pakai, Padahal tidak semuanya benar. Hal (mendasar) yang paling mempengaruhi saat kita “internetan” yaitu “KONEKSI”. Jaman sekarang SPEEDY adalah yang paling umum. Dan sudah mulai diramaikan dengan koneksi USB-Modem (GSM maupun CDMA). Spesifikasi komputer adalah hal kedua yang mesti kita perhitungkan. Jadi kesimpulannya kita bisa membangun bisnis internet dengan komputer yang spesifikasinya hanya setara dengan komputer untuk aplikasi perkantoran, tapi dengan catatan koneksi internet harus bagus (atau mempunyai bandwidth yang lumayan besar).

Dan tentu saja internet dengan menggunakan modem USB (seperti halnya modem GSM atau CDMA) tidak bisa disamakan dengan internet dengan DSL Cable (contohnya SPEEDY). Mengenai masalah kecepatan (atau performa) sangat jelas bahwa internet dengan DSL Cable lebih stabil (atau lebih cepat) jika dibandingkan dengan USB Modem. Alasannya, coba kita umpamakan koneksi internet itu adalah proses transfer data (meskipun sebenarnya juga proses tranfer data). Jika kita mentransfer data ke Handphone dengan menggunakan kabel data, maka akan membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan media wireless (seperti bluetooth).

Semoga "Tips Membeli Komputer" dari saya bermanfaat bagi anda..