Tips Instalasi Sistem Operasi Windows XP dan Aplikasi Lain

Tips Instalasi Sistem Operasi Windows XP dan Aplikasi Lain - Beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum memulai proses instalasi adalah :
CD Driver Microsoft Windows

1. Satu Unit komputer lengkap (CPU+Monitor+Keyboard+Mouse)
2. CD installer Windows XP
3. CD Driver Motherboard
4. Secangkir kopi dan beberapa bungkus kacang goreng (biar gak BETE)

Berikut adalah urutan (paling efektif) instalasi komputer windows XP dan aplikasi lainnya :

* Sebelum memulai proses instalasi kita harus mensetting BIOS dulu, tepatnya kita setting boot option. Atur boot pertama ke CDROM (karena kita menggunakan CD sebagai bootable media) kemudian boot kedua ke Harddisk, setelah itu save setting dan Restart komputer.

* Tekan sembarang tombol ketika monitor menampilkan "press any key to boot from cd…", maka monitor akan menampilkan proses awal instalasi windows. Setelah proses selasai maka akan sampai pada proses partisi. Tips untuk Harddisk yang masih baru (belum pernah di partisi), buatlah satu partisi dulu (primary partition) kemudian dihapus dan buat partisi lagi sesuai jumlah partisi yang kita inginkan. Hal ini bermaksud agar drive letter partisi (yang lebih dari satu) bisa berurutan (seperti C – D – E dan seterusnya) meskipun bisa kita sesuaikan nantinya setelah windows selesai terinstall.

* Setelah proses partisi selesai dilanjutkan proses formatting Harddisk dan copying installation file di Harddisk, kemudian komputer akan otomatis melakukan restart (setelah proses copying selesai).
Windows Setup Select Part


* Pada proses berikutnya kita akan diminta memasukkan user name, organization dan product key pada windows yang kita install tadi, dan proses instalasi akan berlanjut kembali dan komputer akan melakukan reboot untuk kedua kalinya.

* Windows Xp sudah terinstall, berikutnya kita lanjutkan dengan menginstall driver motherboard. Pada umumnya setiap motherboard pasti memiliki driver dan disertakan saat pembelian. Tetapi kadang tidak terlalu diperhatikan sehinnga akhirnya rusak atau bahkan hilang entah kemana. Jika hal ini terjadi maka kita akan kesulitan untuk menginstall semua driver motherboard. Urutan dalam menginstall driver motherboard sebaiknya diawali dengan menginstall chipset terlebih dahulu, maksudnya untuk meminimalkan kesalahan saat instalasi. Kemudian diikuti VGA Card, Sound Card, LAN Card dan seterusnya.

* Setelah semua driver terinstall dilanjutkan dengan aplikasi windows. Disarankan program security didahulukan (seperti Antivirus, Anti malware, Anti Trojan) baru dilanjutkan aplikasi yang lain seperti Office, Photoshop, Corel dan sebagainya. Hal ini untuk menghindari juka ada file dalam installer aplikasi tadi yang mengandung malware,virus atau trojan.