5 Ide Menulis Blog

5 Ide Menulis Blog. Hari ini saya mencoba membaca kembali judul-judul posting di blog saya ini. Lalu tiba-tiba muncul ide untuk berbagi ide untuk anda blogger yang sedang kehabisan untuk ide untuk menulis di blog anda. Tentu saja ini bagi anda yang masih blogger pemula seperti saya, karena biasanya blogger yang sudah mahir jarang sekali kehabisan ide untuk menulis di blog. Ide saya ini mungkin basi anda, atau mungkin sulit untuk dijalankan, tapi mudah-mudahan tetap ada manfaatnya bagi blogger yang lain. Baiklah, mari kita mulai.

1. Lirik lagu
Inilah ide yang sering saya lakukan ketika kehabisan ide menulis blog, boleh saja dibilang ini tidak kreatif. Tapi anda bisa menambahkan kesan atau pendapat anda tentang lagu dan lirik tersebut. Tentunya anda harus tahu dan pernah mendengarkan lagu yang liriknya akan anda tulis. Akan lebih baik lagi jika itu adalah lagu favorit anda atau lagu yang sedang hit saat anda menulisnya. Usahakan bahasa lagu itu adalah bahasa yang anda mengerti. Anda boleh juga menulis lirik lagu daerah anda dan menuliskan translate ke bahasa lain, misalnya ke bahasa Indonesia atau lebih hebat lagi ke bahasa Inggris misalnya.

2. Survey kecil-kecilan

Ini juga sangat gampang. Anda punya account Facebook? Cobalah menulis di Wall facebook anda dan menanyakan pendapat orang lain tentang suatu hal. Hasil komentar dari teman-teman anda salin dan jadikan tulisan di blog anda. Anda juga melakukan hal yang di melalui milis atau mungkin hasil chat di YM, tapi untuk hasil chat tentu saja sebaiknya anda minta ijin dulu dengan orang yang anda ajak chat tersebut.

3. Resensi film

Ide menulis blog selanjutnya adalah menulis resensi film. Anda tidak perlu menceritakan bagaimana film tersebut dari awal sampai akhir, tapi tulislah pendapat anda tentang film tersebut atau bagian mana dari film tersebut yang anda suka atau tidak suka. Anda tidak perlu takut akan dituntut penjara karena menulis seperti ini. Film yang anda tulis ini sebaiknya sudah anda tonton sebelumnya. Tidak harus film yang sedang diputar di bioskop, anda bisa saja menulis film lama, dan akan lebih baik lagi kalau itu film favorit anda.

4. Hasil atau prediksi pertandingan olahraga favorit anda

Anda yang suka menonton sepakbola, motogp, bulutangkis atau olahraga lainnya, hasil dari pertandingan itu bisa juga anda jadikan tulisan. Bagaimana jalannya pertandingan, bagian mana yang anda suka, atau siapa jagoan anda, ungkapkan semuanya menjadi tulisan. Anda bisa juga membanggakan tim sepakbola jagoan anda atau pembalap andalan anda, sembari sedikit mengejek dan mengungkapkan kelemahan musuh anda, hehehe. Hasil tulisan ini tentu akan lebih baik saat jagoan anda menang. Selain menulis hasilnya, anda juga bisa membuat prediksi sendiri untuk pertandingan selanjutnya. Dan tentu biasanya kita akan memprediksi jagoan kita yang menang.

5. Apa yang baru saja anda alami

Ini sebenarnya sangat gampang, menulis apa saja yang baru anda alami, misalnya anda baru datang dari rapat, atau baru datang dari kencan pertama anda, atau pengalaman lainnya. Dengan menulis apa yang baru saja anda alami, tentu ingatan anda masih segar dan ingat tentang segala detail kejadian tersebut. Anda bisa juga menambahkan kesan atau pendapat anda tentang kejadian dan pengalaman anda. Anda tidak perlu takut dengan bahasa anda, tulis saja apa dan bagaimana gaya anda sendiri, hasilnya akan lebih natural dan mencerminkan diri anda sendiri. Setiap orang memiliki gaya dan ciri khas sendiri ketika menulis.

Itu beberapa ide menulis blog dari saya mudah-mudahan ada menfaatnya. Dari masing-masing ide diatas anda bisa membuat lebih dari satu tulisan.