Museum Bank BRI Purwokerto

Museum Bank BRI Purwokerto. Terletak disudut perempatan kota kripik tempe purwokerto, banyumas, jawa tengah. Museum Bank BRI di dirikan pada tanggal 16 Desember 1895 oleh Patih Aria Wirjaatmadja yang selanjutnya pada tanggal 19 desember 1990 diresmikan langsung oleh direktur utama bank rakyat indonesia pada masa itu.

Museum Bank BRI Purwokerto

Museum Bank BRI Purwokerto


Kenapa museum bank BRI ini dibangun di purwokerto ? alasan pastinya adalah karena di kota inilah cikal bakal BRI di dirikan. Perlu anda ketahui bahwa sebelumnya nama bank BRI adalah De Purwakertosche Hulp-en Spaar Bank der Inlandsche Bestuur Ambtenaren atau Bank Priyayi yang hanya mempunyai satu kantor kecil pada masa itu hingga sekarang menjadi salah satu bank besar di indonesia yang mempunyai ratusan kantor cabang hingga menjuru ke pelosok kecamatan di seluruh nusantara.

Di dalam gedung 2 lantai museum bank BRI, anda dapat menyaksikan berbagai macam koleksi mata uang dari jaman ke jaman, mulai jaman VOC belanda, portugis timor-timur, masa majapahit sampai mata uang modern seperti sekarang ini.

Lantai dasar atau lantai 1 dari museum bank BRI, anda dapat menyaksikan beragam sarana yang dipergunakan dalam aktivitas perbankan pada umumnya. Berikut adalah relief tembaga sebagai gambaran sejarah kiprah bank BRI dari masa ke masa.

Relief Museum Bank BRI
Jika anda hendak mengunjungi museum bank BRI purwokerto, anda bisa menggunakan transportasi angkutan kota yang berwarna orange dengan kode B1 dari arah terminal purwokerto atau bisa menggunakan taksi dan ojek. namun jika anda dari arah stasiun kereta api, cukup gunakan becak karena jarak dari stasiun ke museum hanya sekitar 500 meter.

Selain "museum bank bri", di kota satria purwokerto juga terdapat beberapa museum seperti museum jenderal soedirman dan museum wayang sendang mas di banyumas. atau jika anda ingin melihat puluhan koleksi museum dalam satu tempat, maka kunjungilah taman mini indonesia indah yang sedang menggelar acara festival museum nusantara.